Penyebab Sakit Darah Tinggi

Bayi berumur beberapa bulan memiliki tekanan darah sekitar 100/65 mmHg. Seiring dengan bertambahnya usia, tekanan darahnya juga meningkat. Ketika dewasa, batas tekanan darah normal adalah 119/79 mmHg atau lebih rendah. Namun ada beberapa penyebab yang membuat tekanan darah berada di atas 140/90 mmHg atau kondisi hipertensi

Penyebab Hipertensi

1. Gaya Hidup Modern

Kerja keras penuh tekanan yang mendominasi gaya hidup masa kini menyebabkan stres berkepanjangan. Kondisi ini memicu berbagai penyakit seperti sakit kepala, sulit tidur, maag, jantung dan hipertensi. Saat seseorang merasa tertekan, tubuhnya melepaskan adrenalin dan kortisol, sehingga mengakibatkan tekanan darahnya meningkat. Tubuh menjadi lebih siaga menghadapi bahaya. Bila kondisi ini berlarut-larut, tekanan darahnya akan tetap tinggi. Gaya hidup modern cenderung membuat berkurangnya aktivitas fisik (olahraga), konsumsi alkohol tinggi, minum kopi dan merokok. Semua perilaku tersebut merupakan pemicu naiknya tekanan darah.

2. Pola Makan Tidak Sehat

Tubuh membutuhkan natrium untuk menjaga keseimbangan cairan dan mengatur tekanan darah. Tetapi bila asupannya berlebihan, tekanan darah akan meningkat akibat adanya retensi cairan dan bertambahnya volume darah. Kelebihan natrium diakibatkan dari kebiasaan menyantap makanan instan yang telah mengantikan bahan makanan segar.

Gaya hidup serba cepat menuntut segala sesuatu nya serba instan, termasuk konsumsi makanan. Padahal makanan instan cenderung menggunakan zat pengawet seperti natrium benzoat dan penyedap rasa seperti monosodium glutamat (MSG).

Jenis makanan tersebut mengandung natrium cukup tinggi. Bila makanan instan di konsumsi terus-menerus tubuh menjadi kelebihan natrium

3. Obesitas

Saat asupan natrium berlebih, tubuh sebenarnya bisa membuangnya melalui air seni. Tetapi proses ini bisa terhambat, karena kurang minum air putih, berat badan berlebihan, kurang gerak atau ada keturunan hipertensi atau diabetes. Berat badan yang berlebih membuat aktivitas fisik jadi berkurang. Akibatnya, jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Untuk mengetahui apakah seseorang memiliki berat badan berlebih atau tidak dengan menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh). Rumusnya sebagai berikut :

IMT = berat (kg) / tinggi badanĀ² (mĀ²)


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Darah Tinggi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *